Gudang Ilmu: Ikan
Showing posts with label Ikan. Show all posts
Showing posts with label Ikan. Show all posts

Monday, February 21, 2022

Rekomendasi Toko Ikan Hias Termurah dan Lengkap di Pati

Halo sobat Jolalingopi, kalian lagi mencari toko ikan hias yang murah dan lengkap di Pati?? Kebetulan sekali kali ini mimin akan berbagi tentang pengalaman mmin dalam dunia perikanan hias. Hehehe. Sebenarnya cukup banyak toko ikan hias yang ada di Pati. Tergantung nih lokasi sobat ada di Pati mana? Kalau mimin sendiri ada di Kecamatan Trangkil. Di sekitaran Trangkil ada beberapa toko ikan hias yang cukup murah dan lengkap. Dan dua diantaranya akan mimin rekomendasikan sebagai toko ikan hias yang murah dan lengkap di Pati. Yuk langsung saja kita ke TKP:

Monday, September 13, 2021

Mudahnya Ternak Ikan Guppy Bagi Pemula

 

Burayak Ikan Guppy Ku

Yo, sobat jolalingopi gimana hari ini sudah ngopi apa belum? Kalo belum, ngopi dulu gih, biar hidup lebih semangat. Hehehe

Aku mau berbagi lagi nih sob, kali ini tentang dunia ikan. Hari minggu kemarin tepatnya tanggal 12 September 2021, tank/aquariumku yang isinya cuma dua ikan yaitu guppy jantan dan betina tiba-tiba dipenuhi dengan penghuni lain, aku kaget dong karena jumlahnya cukup banyak. Wah Alhamdulillah ternyata ikan guppy ku sudah brojoli atau beranak. Seneng bangetlah pokoknya karena saat yang ditunggu-tunggu datang juga. FYI aku beli ikan ini tanggal 2 September dan sebenarnya sudah hamil besar sih. Hehehe

Thursday, July 22, 2021

Jenis Ikan Yang Cocok Jadi Tankmate Ikan Oscar

ikan yang dapat dicampur ikan oscar

      Tidak semua jenis ikan hias dapat campur satu sama lain, karena masing-masing jenis ikan memiliki karakteristik yang berbeda, ada yang bersifat predator dan ada yang tidak, ada ikan yang dapat tumbuh sampai besar ada yang hanya berukuran beberapa centimeter saja. Ada ikan yang galak dan ada juga ikan yang bersahabat. Jadi sebelum sobat berencana memelihara beberapa jenis ikan hias yang berbeda dalam satu tank (aquarium) coba perhatikan dulu apakah ikan-ikan tersebut aman untuk dapat dicampur. Jangan sampai nanti ikan sobat hilang satu persatu karena dimakan ikan lain yang ternyata adalah predator. Hehehe

Thursday, July 8, 2021

Ikan Yang Mudah Dipelihara dan Murah Pastinya…!!!

 

            Seperti yang sobat ketahui, kalo jenis ikan hias yang bisa kita pelihara di aquarium itu banyak sekali. Dari mulai tipe KALEM sampai yang PREDATOR. Masing-masing dari jenis ikan tersebut memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Ada ikan yang gampang mati ada juga ikan yang mampu bertahan seminggu tanpa makan. Ada ikan yang butuh aerator untuk tetap hidup, ada juga yang non-aerator. Ada juga yang omnivore, karnivora, atau hanya makan pelet saja. Nah dari berbagai macam jenis ikan dan cara perawatan tersebut ada beberapa ikan yang tergolong mudah dan murah dalam perawatan. Ikan apa saja itu? Yuks simak….!!!

1. Ikan Channa/Snakehead/Gabus/Kutuk

            Yang pertama ada ikan channa nih sob, atau kalau orang jawa nyebutnya ikan gabus/kutuk. Jenis channa yang biasa dipelihara di aquarium sebagian besar berasal dari sungai-sungai di India dan Bangladesh. Tapi tenang sob, dari Indonesia juga ada kok. Hehehe. Namanya ikan CHANNA YELLOW SENTARUM / MARULIODES.

            Channa merupakan ikan yang mampu bertahan di perarian dengan kondisi yang cukup ekstrim, jadi sobat tidak perlu khawatir ikannya akan cepat mati. Kematian Channa rata-rata karena loncat dari aquarium tapi sobat bisa mengatasinya dengan memberi aquarium tutup dengan kawat ram/kasa bisa juga dengan gabus, triplek, ataupun kaca. Tergantung selera kalau ini. Kematian channa selanjutnya biasa karena penyakit atau bullying, namun ini jarang terjadi kalo sobat memperhatikan kondisi air dan sisa-sisa pakan.

            Channa juga ikan yang mampu bertahan lama tanpa makan bisa berminggu-minggu pokoknya, kalau pastinya mimin kurang tau. Hehehe. Pakan Channa juga variatif bisa pakan hidup atau pakan mati. Jadi sobat tidak perlu bingung soal pakan, tapi tetep harus diperhatikan dengan jenis channanya ya, biar warna channa yang sobat pelihara bisa bagus. Channa juga bisa hidup tanpa aerator, karena sistem pernapasan channa itu mengambil udara dari permukaan ya sob, jadi sobat nggak perlu beli aerator untuk pelihara ikan ini. Kalo untuk filter bisa pakai bisa tidak, yang penting kondisi air tetap terjaga.

            Ada banyak sekali jenis channa dari yang puluhan ribu sampai puluhan juta, sobat tinggal sesuaikan dengan badget dapatnya ikan channa jenis apa. Next….

Gambar: Macam-macam ikan Channa

 2. Ikan louhan/Flowerhorn

            Selanjutnya ada ikan louhan, siapa yang gak kenal dengan ikan satu ini. Ikan ini juga termasuk ikan yang mudah dan murah dalam perawatan sob, dan pastinya gak gampang mati. Tapi untuk louhan sobat perlu untuk menyediakan aerator atau filter biofoam. Soal pakan, louhan termasuk omnivore. Soal harga juga variatif, dari puluhan ribu sampai jutaan.

                                                    Gambar: Macam-macam ikan Louhan

 3. Ikan Guppy dan Cupang

            Ikan guppy dan cupang termasuk ikan yang mudah dan murah dalam perawatan, namun dalam hal daya tahan hidup tidak sekuat channa dan louhan. Sobat bisa memelihara ikan guppy dan cupang di toples-toples atau di sterofoam. Soal pakan juga tidak harus diberikan tiap hari. Mereka juga termasuk ikan yang mudah untuk di breeder (dikembangbiakan).

Gambar: Macam-macam ikan guppy dan cupang

            Selain ikan diatas, contoh Cichlid, Oscar, Koi dan Koki menurut pengalaman mimin tidak seperti pelihara ikan channa dan louhan. Mereka membutuhkan set up aquarium dan perawatan yang agak susah karena gampang sekali mati. Khusus guppy dan cupang memang mudah dan murah dalam perawatan namun mereka lebih gampang mati.

            Kalau masukan atau tambahan silahkan tulis dikolom komentar ya sob…!!!

Intermezzo

Travel

Teknologi