Gudang Ilmu: Fiqih
Showing posts with label Fiqih. Show all posts
Showing posts with label Fiqih. Show all posts

Tuesday, December 21, 2021

Santri NU: Tambahan Bacaan Sholat NU dan Budaya Taqlid

 


Disclaimer: Saya santri NU yang masih belajar, hanya ingin curhat kalau ternyata kita biasa diajari Taqlid buta tanpa tahu darimana sumber rujukan dasar ibadah yang kita lakukan, khususnya Sholat.

Berawal dari kegiatanku sebagai seorang pengangguran professional. Hahaha. Maksutnya aku gak punya kerjaan, hanya sebagai joki tugas, skripsi, jurnal mahasiswa, dsb. Dimana setiap  membuat karya ilmiah kita wajib (La Budda = ora keno ora) mencantumkan sitasi dari kutipan yang kita ambil. Kalau bahasa santri ya istilahnya "sanat". Jadi sanat karya ilmiah kita itu harus jelas, kita gak hanya ngarang-ngarang taoi pendapat atau kutipan tersebut dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Karya ilmiah saja harus pakai sanat yang jelas, apalagi masalah agama harus lebih wajib lagi. Akhirnya waktu saya membaca-baca kembali tentang bacaan sholat di buku panduan sholat dan kitab fiqih. Memang sedikit berbeda karena di buku panduan sholat ada beberapa tambahan lafadz. Sebenarnya saya sudah lama tahu hanya saja belum begitu tertarik untuk mendalaminya, karena mikirnya ya pasti lah ada sumbernya. Nah karena kebiasaan menggunakan sitasi disitu saya mulai bertanya-tanya "Sebenarnya darimana asal tambahan bacaan itu, kok di kitab hadist dan fiqih gak ada"??

Ini aku cerita ya, mungkin sobat pembaca ada yang sama kayak saya. Awal Mula kita diajari cara Sholat dan bacaannya, baik disekolah SD maupun di TPQ entah kenapa buku yang dipakai sebagai sumber pembelajaran Sholat adalah buku "panduan sholat lengkap"?? atau setidaknya ajaran dari guru-guru kita sama dengan isi buku panduan sholat, bukan dari kitab-kitab Fiqih? Yang mana isi dari buku tersebut sedikit berbeda dengan yang ada di Hadits ataupun kitab Fiqih. Berbedanya karena ada beberapa bacaan yg ditambahi, seperti:

#Do'a Iftiftah: menggabungkan 2 Do'a Iftiftah Dan menambah lafafz "inni" sebelum "wajjahtu"

#Ruku dan sujud: ada Tambahan "wa bihamdihi" diakhir Bacaan rukuk Dan sujud

#Duduk diantara Sholat: ada Tambahan "wa'fu'anni" diakhir Bacaan

#Tasyahud awal Dan akhir: Tambahan Bacaan sayyidina

Karena dari awal kita diajari seperti itu, ya kita menganggap bahwa itu adalah satu-sastunya bacaan Sholat yang benar. Padahal ada banyak sekali macam bacaan sholat. Yang ingin aku bahas bukanlah masalah tambahannya. Karena kalau kita tanyakan sumber dari tambahan bacaan sholat diatas pada Kyai NU, beliau-beliau pasti bisa menjelaskan dasar-dasarnya. Tapi aku sebagai santri NU tidak pernah diajari tentang asal tambahan-tambahan lafadz tersebut. Sebab kalau kita membaca kitab-kitab Fiqih yang masyhur seperti Fathul Mu'in, maka kita tidak akan mendapatkan pembahasan tentang tambahan lafadz diatas. Jadi kita ini hanya dididik untuk Taqlid buta tanpa tahu sumber bacaan Sholat yang biasa kita baca.

Masalah utamanya adalah kalau kita bertemu dengan orang selain NU Dan menanyakan, "Kok Bacaan Sholatmu gak sama seperti dalam Hadits atau kitab Fiqih"? Kita pasti hanya plonga plongo gak tau harus jawab apa, bahkan kita sendiri gak sadar kalau bacaan Sholat kita selama ini memiliki banyak tambahan. Efeknya secara tidak langsung kita justru merendahkan NU sndiri. Dan menurutku wajar sih kalau kita biasa di bilang banyak bid'ah nya. Bukan mereka yang salah, tapi kita sebagai santri yang gak bisa menjelaskan pada meraka. Iya gimana kita jelaskan, lha Wong kita sendiri aja gak pernah dikasih tau rujukan atau dasar bacaan sholat kita.

Lebih report lagi kalau kita melamar kerja di Lembaga Islam yang selain NU. Terus kita di test Sholat, dan bacaan sholat kita seperti yang diajarkan dalam NU. Kemudian mereka tanya, "Lho kok bacaannya beda dari hadits dan kitab Fiqih??? Terus kita bingung karena gak tahu harus jawab apa. Mau ditaruh mana wajah NU coba, sebagai ormas terbesar di Indonesai ternyata santrinya bodoh gak tahu dalil. Kan pasti berbeda kalau kita diajari dan dibiasakan untuk tidak taqlid buta, sehingga kita jadi paham dan tentu bisa jawab kalau ada soal-soal semacam itu. Pasti NU jadi terlihat keren karena santrinya ternyata paham dalil-dalil dalam agama.

Ini yang saya maksud dengan Budaya Taqlid. Saya sebenarnya yakin sekali kalau kyai NU itu saking luas Ilmu agamanya meraka paham dengan hukum-hukum sehingga mampu menggabungkan atau menambahkan dalam Bacaan sholat berdasarkan hadits dan pendapat-pendapat Ulama. Tapi Santri yang gak diajari akhirnya Taqlid tanpa tahu apa-apa. 

Alhamdulillah-nya saat ini ada sosok NU yang sudah menjawab semua keluh kesahku yaitu Gus Baha. Beliau pernah menyampaikan bahwa dalam setiap ngajinya harus berdasarkan Alqur'an Dan Hadits ataupun pendapat-pendapat yang masyhur. Dengan begitu kita sebagai santri menjadi tahu bahwa ibadah kita gak asal-asalan Dan yang penting kita tahu darimana sumbernya.

Sekian Dan Terimakasih

Monday, December 7, 2015

Hukum Membunuh Ular dan Semut




PERTANYAAN :
She'Jasmine Ayda Az-zahra
‎Apakah membunuh ular dan semut itu berdosa ?
JAWABAN :
   Masaji Antoro
Dalam al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 17/283 dijelaskan :
م - مَا يُكْرَهُ قَتْلُهُ مِنَ الْحَشَرَاتِ :
كَرِهَ الشَّارِعُ قَتْل بَعْضِ الْحَشَرَاتِ كَالضُّفْدَعِ لِمَا رَوَى عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُثْمَانَ قَال : ذَكَرَ طَبِيبٌ عِنْدَ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَوَاءً ، وَذَكَرَ الضُّفْدَعَ يُجْعَل فِيهِ ، فَنَهَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْل الضُّفْدَعِ (1) .
وَقَال صَاحِبُ الآْدَابِ الشَّرْعِيَّةِ (2) : ظَاهِرُهُ التَّحْرِيمُ .
وَكَرِهَ قَتْل النَّمْل وَالنَّحْل ، لِمَا رَوَى ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَال : نَهَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْل أَرْبَعٍ مِنَ الدَّوَابِّ : النَّمْلَةُ ، وَالنَّحْلَةُ ، وَالْهُدْهُدُ ، وَالصُّرَدُ (3) .
وَاسْتَثْنَى الْفُقَهَاءُ النَّمْل فِي حَالَةِ الأَْذِيَّةِ ، فَإِِنَّهُ حِينَئِذٍ يَجُوزُ قَتْلُهُ .
وَفَصَّل الْمَالِكِيَّةُ ، فَأَجَازُوا قَتْل النَّمْل بِشَرْطَيْنِ : أَنْ تُؤْذِيَ ، وَأَنْ لاَ يَقْدِرَ عَلَى تَرْكِهَا ، وَكَرِهُوهُ عِنْدَ الإِِْذَايَةِ مَعَ الْقُدْرَةِ عَلَى تَرْكِهَا ، وَمَنَعُوهُ عِنْدَ عَدَمِ الإِِْذَايَةِ ، وَلاَ فَرْقَ عِنْدَهُمْ فِي ذَلِكَ بَيْنَ أَنْ تَكُونَ الإِِْذَايَةِ فِي الْبَدَنِ أَوِ الْمَال .
__________
(1) حديث : نهى عن قتل الضفدع . أخرجه النسائي ( 7 / 420 ط المكتبة التجارية ) والحاكم ( 4 / 411 ط دائرة المعارف العثمانية ) وصححه ووافقه الذهبي
(2) الآداب الشرعية 3 / 369
(3) حديث : " نهى عن قتل أربع من الدواب " . أخرجه أبو داود ( 5 / 418 - 419 - تحقيق عزت عبيد دعاس ) وجود إسناده ابن مفلح المقدسي في " الآداب الشرعية " ( 3 / 373 - ط المنار ) .
وَقَدْ ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ إِِلَى جَوَازِ قَتْل الْحَشَرَاتِ ، لَكِنَّ الْمَالِكِيَّةَ شَرَطُوا لِجَوَازِ قَتْل الْحَشَرَاتِ الْمُؤْذِيَةِ أَنْ يَقْصِدَ الْقَاتِل بِالْقَتْل دَفْعَ الإِِْيذَاءِ لاَ الْعَبَثَ ، وَإِِلاَّ مُنِعَ حَتَّى الْفَوَاسِقُ الْخَمْسُ الَّتِي يُبَاحُ قَتْلُهَا فِي الْحِل وَالْحَرَمِ .
وَقَسَمَ الشَّافِعِيَّةُ الْحَشَرَاتِ إِِلَى ثَلاَثَةِ أَقْسَامٍ :
الأَْوَّل : مَا هُوَ مُؤْذٍ مِنْهَا طَبْعًا ، فَيُنْدَبُ قَتْلُهُ كَالْفَوَاسِقِ الْخَمْسِ ، لِحَدِيثِ عَائِشَةَ قَالَتْ : أَمَرَ الرَّسُول صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَتْل خَمْسِ فَوَاسِقَ فِي الْحَرَمِ : الْحِدَأَةُ ، وَالْغُرَابُ ، وَالْفَأْرَةُ ، وَالْعَقْرَبُ ، وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ (1) وَأُلْحِقَ بِهَا الْبُرْغُوثُ وَالْبَقُّ وَالزُّنْبُورُ ، وَكُل مُؤْذٍ .
الثَّانِي : مَا يَنْفَعُ وَيَضُرُّ فَلاَ يُسَنُّ قَتْلُهُ وَلاَ يُكْرَهُ .
الثَّالِثُ : مَا لاَ يَظْهَرُ فِيهِ نَفْعٌ وَلاَ ضَرَرَ كَالْخَنَافِسِ ، وَالْجُعْلاَنِ ، وَالسَّرَطَانِ فَيُكْرَهُ قَتْلُهُ .
وَيَحْرُمُ عِنْدَهُمْ قَتْل النَّمْل السُّلَيْمَانِيِّ ، وَالنَّحْل وَالضُّفْدَعِ ، أَمَّا غَيْرُ السُّلَيْمَانِيِّ ، وَهُوَ الصَّغِيرُ الْمُسَمَّى بِالذَّرِّ ، فَيَجُوزُ قَتْلُهُ بِغَيْرِ الإِِْحْرَاقِ ، وَكَذَا بِالإِِْحْرَاقِ إِنْ تَعَيَّنَ طَرِيقًا لِدَفْعِهِ .
وَذَهَبَ الْحَنَابِلَةُ إِِلَى اسْتِحْبَابِ قَتْل كُل مَا كَانَ طَبْعُهُ الأَْذَى مِنَ الْحَشَرَاتِ ، وَإِِنْ لَمْ يُوجَدْ مِنْهُ أَذًى قِيَاسًا عَلَى الْفَوَاسِقِ الْخَمْسِ ، فَيُسْتَحَبُّ عِنْدَهُمْ قَتْل الْحَشَرَاتِ الْمُؤْذِيَةِ كَالْحَيَّةِ ، وَالْعَقْرَبِ ، وَالزُّنْبُورِ ، وَالْبَقِّ ، وَالْبَعُوضِ ،
__________
(1) الحديث سبق تخريجه ف / 7
وَالْبَرَاغِيثِ ، وَأَمَّا مَا لاَ يُؤْذِي بِطَبْعِهِ كَالدِّيدَانِ ، فَقِيل : يَجُوزُ قَتْلُهُ ، وَقِيل : يُكْرَهُ ، وَقِيل : يَحْرُمُ .
وَقَدْ نَصُّوا عَلَى كَرَاهَةِ قَتْل النَّمْل إِلاَّ مِنْ أَذِيَّةٍ شَدِيدَةٍ ، فَإِِنَّهُ يَجُوزُ قَتْلُهُنَّ ، وَكَذَا الْقُمَّل (1) .
__________
(1) تبيين الحقائق 2 / 66 ، بدائع الصنائع 2 / 196 ، والفواكه الدواني 2 / 455 ، 456 ، حاشية الجمل 5 / 273 ، نهاية المحتاج 3 / 343 ، 344 ط مصطفى الحلبي ، كشاف القناع 2 / 439 ، الإقناع 2 / 235
(2) سورة المائدة / 95
JENIS BINATANG KECIL BUMI YANG MAKRUH DIBUNUH
Syariat agama melarang membunuh sebagian jenis binatang seperti katak berdasarkan riwayat dari Abdur Rohman Bin Utsman “Seorang tabib menjelaskan obat di sisi Rosulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, kemudian ia menyebut katak, Rosulullah kemudian melarang membunuh katak” (HR an-Nasaai VII/420, Hakim IV/411 dishahihkan oleh adz-Dzahabi)

Saturday, November 5, 2011

Amalan atau Dzikir Sesudah Wirid Sholat Fardhu

Oleh: Noor Cahyo

1. SESUDAH SHOLAT DZUHUR
-membaca surat al-ikhlas 11x
-membaca do’a untuk Nabi dan kaum muslimin:

Do’a untuk nabi:

-ila hadhrotin nabiyyil mushtofa muhammadin sholallu alaihi wasalam wa alihi wa ashhabihi wa ajwajihi wa auliyadihi wa dzuriyyatihi lahum alfatihah....(membaca surat alfatihah)

WIRID atau DZIKIR SESUDAH SHOLAT FARDHU

Oleh: Noor Cahyo

1. Astaghfirullahal adzim alladzi la ilahailla huwal hayyul qayyum wa atubu ilahi…3x

2. La ilahaillahu wahdahu la syarikalah lahul mulku wala hul hamdu wa huwa ala kulli saiin qodir…3x

3. Allahumma anta salam wa minka salam wa ilaika ya udussalam fa haina rabbana bissalam wa ad hilna jannata dara salam tabarakta rabbana wa taalaita yadal jalali wal ikrom.

4. Membaca do’a alfatihah

5. Membaca ayat kursi

6. Ilahi ya rabbi maulana…..
-subhanallah…33x
-alhamdulillah…33x
-allahu akbar…33x
-
7. La ilahaillahu wahdahu la syarikalah lahul mulku wala hul hamdu wa huwa ala kulli saiin qodir, la hula wala quwwat illa billahil aliyyil adzim.

8. Astaghfirullahal adzim…33x

9. Astaghfirullahal adzim innallahu ghofurur rahim.

10. Afdholudz dzikri fa’lam annahu…
-La ilahaillah…33x
-La ilahaillahu muhammadur rasulullahi salallahu alaihi wa salam…

Setelah itu membaca do’a sebagai berikut:

A’udzubillahi minas syaithonir rajim, bismilahirrahmani rahim, alhamdulillahi rabbil alamin, hamdasy syakirin hamdan na’imin hamday yuwafini’amahu wa yukafi majidah, ya rabbana lakal hamdu kama yanbagi lijalali wajhika wa adzimi sulthonik.

Allahumma sholli wa sallim ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Allahumma rabbana taqabbal minna sholatana wa shiyamana wa rukuana wa sujudana wa quudana wa tadhorruana wa takhossuana wa taabudana wa tammim takhsirona ya rabbal alamin.

Rabbana dzalamna anfusana wa illam taghfirlana watar hamna lanakunanna minal khosirin.
Rabbana wala tahmil alaina isron kama hamaltahu alal ladzina min qoblina, rabbana wala tuhamilna mala thoqotho lana bih wa’ fu’anna waghfirlana war hamna anta maulana fansurna alal qaumul kafirin.

Rabbana la tuzig qulubana ba’da idzhaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antal wahab.

Allahumma inna nas aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil jasad wa jiyadatan fil ilmih wa barakatan fir rizki wa taubatan qablal maut wa maghfirotan ba’dal maut allahumma hawwin alaina fi sakarotil maut.

Allahummagh fir lil muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat al ahyai min hum wal amwat.

Allahumma afini fi badani…3x, allahumma afini fi sam’i…3x, allahumma afini fi bashori…3x.

Rabbana atina fiddun ya hasanah wa fil akhiroti hasanah (waqina adzaban nar 3x). allahummagh firlana dzunubana wa kaffir anna sayyiatina wa tawaffana maal abror.

Wa sholallahu ala sayyidina Muhammad wa ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Subhana robbika robbil izzati ‘amma yasifun wa salamun alal mursalin wal hamdulillahirrabil
‘alamin

Al fatihah.....

Intermezzo

Travel

Teknologi