Gudang Ilmu: Elektronika
Showing posts with label Elektronika. Show all posts
Showing posts with label Elektronika. Show all posts

Monday, January 10, 2022

Amankah HP di Cas Dengan Charger/Power Bank Yang Memiliki Ampere Lebih Besar Dari Aslinya??


Disclaimer: Ini adalah opini ilmiah, yang didasarkan pada eksperimen dan hasil tinjauan pustaka dari banyak sumber baik lokal maupun interlokal.

Sobat mungkin pernah bertanya, "Kira-kira bahaya nggak ya kalau HP kita di cas dengan charger yang ampere nya lebih besar dari charger aslinya? Kalau iya berarti kita sama. Hahaha... 

Saturday, December 25, 2021

Cara Pasang Saklar Hotel Saklar Tukar Saklar Dua Arah dan Cara Kerjanya

Disebut dengan saklar hotel karena biasa digunakan di hotel-hotel, saklar tangga karena biasa digunakan ditangga - tangga untuk menyalakan/mematikan satu lampu dari lantai atas dan atau latai bawah. Disebut saklar tukar karena saklar ini berfungsi dengan cara saling bergantian, bisa on dari saklar 1 dan off di saklar 2 dan begitu juga sebaliknya. Dinamakan saklar dua arah, iya karena kita bisa mengendalikan (on/off) satu perangkat elektronik misal lampu dari dua tempat yang berbeda. Untuk bentuk saklar sama aja dengan saklar yang biasa ada dirumah-rumah, hanya saja untuk saklar hotel ini memiliki 3 pin, 1 pin Netral dan 2 Pin On Off. 

Saturday, November 27, 2021

Rekomendasi Mini Grinder Murah Berkualitas

 
Gambar Mini Grinder Merk Dermei

Note: Tidak ada maksut menjelekkan produk tertentu. Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dalam memakai mini grinder.

Hai sobat jolalingopi....se sibuk apapun dan se ruwet apapun pikiran sobat jangan lupa ngopi ya!!! Hehehe

Kali ini mimin ingin berbagi pengalaman dalam menggunakan mini grinder yang harganya ramah dikantong alias murah, namun dengan kualitas yang gak murahan, padahal harganya gak nyampai 200rb lho. 

Wednesday, September 15, 2021

Pengertian Fungsi dan Macam Saklar (Switch)



Saklar adalah suatu alat atau komponen elektronika yang berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saklar memilki bentuk dan jenis yang beraneka ragam.
Secara umum, terdiri dari 2 buah logam yang menempel yang bisa menyambung dan memutus sesuai dengan posisi saklar off (menutup) dan on (menyambung). Material yang digunakan untuk saklar adalah bahan yang tahan korosi.

Berikut ini macam-macam saklar yang umum dijumpai:

a. Saklar Toggle
Saklar toggle merupakan sensor mekanik yang digunakan untuk memutus dan menyambung arus listrik dengan cara menekan tombol ON dan OFF.

b. Saklar Push Button
Saklar push button fungsinya sama dengan saklar pada umumnya, tapi dengan cara ditekan. Jika saklar ditekan arus listrik akan mengalir, tapi jika dilepas maka arus akan terputus.

c. Saklar geser
Adalah saklar yang cara menggunakannya dengan digeser ON atau OFF.

d. Saklar rotary/putar
Adalah saklar yang cara menggunakannya dengan cara diputar. Biasanya saklar ini digunakan pada rangkaian adaptor untuk memilih berapa tegangan yang diinginkan atau untuk mengatur kecepatan kipas angin.

Pengalaman Beli Komponen Dari Cina Via Shopee

 

Untuk sobat yang hobi elektronika, pasti sering mengalami masalah sulitnya mendapatkan komponen pengganti saat men-servis alat-alat elektronika. Tentu saja ini tidak aneh, karena ya gimana sekarang banyak alat-alat elektronika yang diproduksi di Cina, auto kan komponen2nya banyak berasal dari sana. Efeknya kalo pas alatnya rusak, biasanya sulit mendapatkan komponen pengganti, terutama untuk komponen aktif seperti IC, TR, Mosfet, dll. Kalo pun di Indo ada pasti harganya mahal belum lagi ditambah ongkir, karena belinya harus online. 

Monday, September 13, 2021

Rekomendasi Baterai HP Nokia Super Awet BL-5C BL-4C (Based On Experience)

Note: Hanya sekedar review dan sharing, bukan ada niat untuk menjelek-jelekkan atau melebih-lebihkan merk tertentu, semua hanya kebetulan bukan sengaja review merk tersebut!!

Hallo sobat Jolalingopi, seperti biasa kalo ada postingan baru, pasti ada sesuatu yang ingin aku bagikan buat sobat semua. Hehehe. Ya tema nya pasti gak jauh-jauh dari kopi, elektronik, ikan, anime, ataupun sesuatu yang berbau-bau akademis (dikit2 tapi). Hahaha

Wednesday, September 8, 2021

Perbaiki SMPS Sekering atau Fuse Putus

 

Hallo sob, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman cara perbaiki power supply switching yang banyak dijual dipasaran, yaitu PSU switching model jaring. Kebetulan saya punya yang ukuran 5A 12V, meskipun begitu tegangannya dapat diatur antara 10.8v sampai 14.9v. Ceritanya PSU ini tak pakai buat nyalain power ampli 2.1 hi-fi merk Lepy yang 12v itu lho sob. Berikut gambarnya!

Tuesday, August 3, 2021

Skema Amplifier Simbadda 2.1 TDA 2030 (seri CST 6400)


Speaker Aktfi Simbadda CST 6400 (TDA 2030)
Speaker Aktif Simbadda CST 6400

Hallo sobat, kali mimin mau posting skema rangkaian amplifier dari simbahe nih. Hehehe. Untuk seri mungkin tidak hanya satu ya yang menggunakan skema ini, ic final menggunakan TDA 2030. Kebetulan mimin di rumah ada speaker simbadda CST 6400 yang rusak dan banyak komponen gosong. Jadi mimin cari sana sini skemanya untuk mengganti komponen yang gosong itu, siapa tau ada skemanya. Eh Alhamdulillah nya nemu skema yang mirip atau bahkan sama dengan seri Simbadda CST 6400. Dengan skema ini mimin bisa mengganti komponen yang gosong dengan nilai yang sama. Jadi biar suaranya tetep seperti bawaan pabrik, gitu maksutnya. Hehehe. 

Tuesday, July 20, 2021

Nggak Perlu Ahli! Cara Mudah Perbaiki Radio Jadul Merk Internasional Suara Kecil

             Sekarang ini radio penerima AM/FM jadul (radio ferit) masih tetap eksis meskipun tidak banyak, rata-rata pemiliknya adalah orang tua atau mbah-mbah. Hehehe. Banyak sekali macam merk, tapi sebagian besar memiliki skema rangkaian yang hampir sama. Untuk ic penerima sinyal AM/FM biasanya menggunakan seri TA2003, sedangkan untuk penguat sinyal audio (amplifier) menggunakan ic TDA 2822. Ic ini termasuk ic dual op-amp yang berfungsi memperkuat sinyal audio dari rangkaian penerima AM/FM untuk dikuatkan agar bisa menggerakkan daun speaker. TDA 2822 adalah ic dual op-amp yang cukup popular selain LM 386, memiliki supply catu daya yang cukup luas yaitu antara 1.5v sampai 15 v dengan output power 9mw sampi 2000mw. Rangkaian mini amplifier dengan TDA 2822 ini juga cukup sederhana dan mudah. Jika sobat ingin membuatnya, bisa mencari skema amplifiernya di internet. Banyak sekali skema yang bisa sobat jadikan referensi untuk membuat amplifier mini dari ic tersebut. Kembali ke radio jadulnya…..hehe 
            Nah disini mimin mau berbagi pengalaman memperbaiki radio jadul (merk internasional) yang nyala normal tapi suaranya kecil sekali bahkan hampir tidak kedengaran. Kebetulan mimin dapat servisan dari mbah-mbah tetangga rumah. Radio nya merk internasional. Berikut gambarnya:

            Langsung saja deh mimin eksekusi. Pertama mimin coba ganti elco besar 1000uf/10v yang ada disamping ic TDA 2822, ternyata gak berhasil suaranya masih tetap kecil. Sebenarnya sudah curiga sih sama ic nya, hanya mau coba2 aja siapa tahu elconya juga udah soak. Karena ganti elco gak berhasil ya udah langsung aja cusss ke toko elektronik untuk mencari ic TDA 2822, dan Alhamdulillah ada.

            Gak pake lama, ic lama tak cabut lalu ganti dengan ic yang baru beli dan Alhamdulillah suaranya kembali normal. Gimana sob, mudah kan?? Jadi gak perlu ahli, pemula insya Allah bisa mah kalau hanya ganti ic. Hehehe. Yang penting sobat punya solder, atraktor dan timah/tenol, dah itu aja. Meskipun ada kemungkinan rusaknya di komponen lain, tapi biasanya komponen aktfilah yang sering rusak, seperti ic, diode dan transistor.

            Mungkin segitu dulu pengalaman yang bisa mimin bagi untuk sobat semua. terima kasih dan Selamat mencoba…….!!!!

Monday, February 1, 2016

Simbol-simbol Komponen Elektronika

Dibawah ada beberapa simbol komponen elektronika yang saya gambar sendiri (Simbol coaxial, simbol relay, simbol induktor, simbol saklar, simbol jack, simbol speaker, simbol scr, diac, triac, dan simbol AC DC). Untuk simbol komponen yang lain, silahkan cari aja dikolom pencarian. Terimakasih

1. SIMBOL COAXIAL DAN RELAY



Coaxial
Relay



2. SIMBOL INDUKTOR




Induktor
Bipillar
Induktor Variable
Icon Core
Tapped


3. SIMBOL SAKLAR




Saklar On-Off
ON2-OFF
ON





ON2-OFF
ON2-OFF
Saklar Rotari



4. SIMBOL JACK



Jack 1 phone
Jack
Jack Stereo



5. SIMBOL SPEAKER



Speaker
Micropon
Dinamis



6. SIMBOL AC dan DC


DC
AC



7. SIMBOL THYRISTOR



DIAC
TRIAC
SCR

Intermezzo

Travel

Teknologi