Gudang Ilmu: Artikel
Showing posts with label Artikel. Show all posts
Showing posts with label Artikel. Show all posts

Saturday, February 19, 2022

Pengalaman Ganti Kartu Rusak di Gerai Indosat Kudus


Hallo sobat jolaligopi, hari ini aku mau share pengalamanku tentang ganti kartu im3 yang rusak/hilang di gerai indosat kudus. Mungkin dari sobat ada yang membutuhkan informasi terkait syarat dan biaya yang dibutuhkan untuk mengganti kartu im3 yang rusak/hilang. Apa saja sih syarat dan biayanya?

Bagi sobat yang kebetulan lagi ada problem dengan kartu IM3 nya entah itu rusak atau hilang lebih baik baca-baca dulu informasinya daripada nanti sobat dah jauh-jauh ke gerai Indosat kudus, eh gak tau nya syaratnya kurang atau mungkin malah uangnya kurang. Hehehe

Jadi pada hari Sabtu, tanggal 19 Februari 2022 aku nekat pergi ke gerai Indosat dengan niat untuk mengganti kartu IM3 ku yang gak tahu kenapa tiba-tiba tidak terbaca (no sim card). Aku coba bersihkan tu kartunya dan coba pasang ke HP lain, ternyata masih gak bisa. Bingung dan sedih dong aku, secara itu kartu utama yang buat daftar banyak aplikasi pembayaran termasuk M-Banking dan sekaligus sebagai kartu kuota internet, padahal kuotanya masih lumayan banyak lho sekitar 8.5 GB, bisa buat 2 mingguan lebih itu. 

Yang membuat aku tambah sedih lagi karena saldo di ATM tinggal Rp. 50.000,-. Hahaha. Bingung pokoe, mau ganti kartu biayanya lumayan, kalau mau beli paket lagi juga eman2. Karena aku masih berharap kalau tiba-tiba kartu nya bisa kebaca lagi. Hehehe

Okelah karena sudah 2 hari kartu masih tidak kebaca akhirnya aku nekat ke gerai Indosat Kudus untuk mengganti kartu im3 ku yang rusak. Terakhir aku ke gerai indosat sih biaya ganti kartunya sekitar 60rb, nanti dapet kuota internet atau kuota nelpon. Tapi jangan berharap lebih kalau soal itu, soale ada yang bilang kuotanya gak masuk, terus pengen kuota internet tapi malah dikasih kuota nelpon, dsb. Ya gitulah pokoknya.

Perjalanan ke Gerai Indosat Kudus dari rumahku itu sekitar 1 jam-an sob. Kebayang gak jauhnya. Karena itu satu-satunya gerai terdekat, iya mau gimana lagi, the power is kepepet sih, jadi tetep aja dilakuin.Tapi kalau mau ke gerai lain ada sih, ke gerai Indosat Pandanaran Semarang. Hahaha. Tambah jauh lagi dong.

Untuk jam buka gerai indosat kudus yaitu Senin-Jum'at jam 08.00 - 16.30, hari Sabtu jam 08.00 - 15.30

Singkat kata setelah hampir 1 jam naik motor sampailah di Gerai Indosat Kudus, kirain kan antriannya banyak dan lama ya, soalnya pengalaman sih gitu, eh gak tahunya pas masuk tu gak ada orang sama sekali kecuali petugasnya ya. Kaget dong otomatis, wah ini tumben banget sepi gini. Jadi aku nih orang pertama dan satu-satunya,. Setelah beberapa saat aku masuk, baru ada orang lain yang masuk.

Oke setelah bilang ke satpam (cewe) tentang permasalahn saya yaitu mau ganti kartu yang rusak, terus aku dikasih nomor antrian dan gak lama langsung dipanggil. Ya iyalah aku akan orang pertama yang dateng. Hahaha. Bilang ke CS nya, ya intinya begitulah lalu aku suruh nunjukin KTP asli. Jadi kalian nanti kalau mau ke gerai Indosat jangan lupa syaratnya adalah bawa KTP asli dan KK Asli (untuk jaga-jaga) karena banyak temen-temen yang bilang kalau syaratnya membawa KTP dan KK Asli (bukan fotocopy). Tapi pas waktu itu aku hanya diminta nunjukkin KTP asli.

Kartu ku di cek sama CS ternyata memang gak bisa kebaca, keterangannya "SOS only atau Emergency Only". Akhirnya nanti bisa diganti dengan kartu baru, semua kuota, pulsa dan masa aktif tidak akan hilang atau tetap masih sama. Nah ini yang bikin aku syok, untuk biaya ganti kartunya sesuai peraturan yang sekarang yaitu dikenakan biaya sebesar Rp. 130.000. Wowww dan untungnya aku gak bawa uang segitu, jadi ada alasan untuk membatalkan niatku mengganti kartu IM3 ku.

Lho jadi jauh-jauh ke gerai indosat kudus, akhirnya pulang dan gak jadi ganti kartu? Iya betul, dengan biaya yang lumayan gede ya kalau menurutku, akhirnya aku gak jadi mengganti kartuku. Alasannya:

  1. Aku ada rencana untuk ke Semarang, jadi sekalian mau mampir gerai indosat Semarang, siapa tahu disana mempunyai kebijakan yang berbeda. Karena ada yang bilang kalau ganti kartu di gerai Indosat Semarang gratis, bahkan dapat tambahan kuota.
  2. Aku mikir dengan uang segitu terlalu mahal untuk membeli alasan kenapa aku harus mempertahankan kartuku, meskipun rasanya eman-eman sangat. Tapi kita harus logis, ganti kartu emang sedikit bermasalah karena kita harus mengatur ulang lagi aplikasi, bahkan datang ke bank untuk ganti no HP dsb. Tapi itu tidak akan merubah apapun dalam hidupmu. Intinya ganti kartu seluler adalah hal yang biasa, meskipun kartumu merupakan kartu dari zaman alif. Jadi aku berencana untuk berpindah operator ke telkomsel, secara telkomsel punya grapari di Pati dan biaya pengurusan kartunya juga lebih murah.
  3. Aku berpikir tentang jangka panjang. Nanti kalau misal ada masalah lagi dengan kartu Indosatku, maka akan repot lagi seperti sekarang ini.

 Kesimpulan:

1. Syarat mengganti kartu yang rusak/hilang di Gerai Indosat Kudus adalah membawa KTP asli (untuk jaga-jaga silahkan bawa KK asli juga.

2. Biaya mengganti kartu yang rusak /hilang di gerao Indosat Kudus adalah sebesar Rp. 130.000,-

3. Kalau kartunya gak penting banget, mending sobat pindah operator lain sebagai kartu utama. Kalau buat kuota internet gak masalah sih, soalnya kuotanya cukup murah.

Segitu aja sob pengalamanku ganti kartu di gerai Indosat Kudus, ya  meskipun akhirnya gak jadi. hahaha. Seperti biasa kalau ada kritik saran dan pertanyaan bisa via comment atau langsing klik logo WA dipojok bawah, insya Allah fast respon. Matursuwun.

Incoming Search Term:

  • biaya ganti kartu rusak hilang di gerai indosat kudus
  • biaya ganti kartu hilang di gerai indosat kudus
  • cara ganti kartu digerai indosat kudus
  • syarat ganti kartu digerai indosat kudus

Monday, January 31, 2022

Apakah Sertifikat dan Pengalaman Kerja Penting Dalam Mencari Pekerjaan


Wah kali ini materinya agak sensitif ya sob, karena ini aku tulis berdasarkan pengalamanku aja. Tidak ada maksut untuk menjelek-jelekkan lembaga atau instansi manapun. Just Is Share Pengalaman. Karena ini berdasarkan pengalaman, jadi aku akan menjelaskan apa yang memang terjadi padaku, bukan hanya teori yang muluk-muluk bahwa ini itu penting dalam mencari kerja.

Monday, December 27, 2021

Jamur Trucuk Atau Jamur Bulan Lezat dan Kaya Manfaat

jamur trucuk
Jamur Trucuk
Sumber: Foto Pribadi

Wah jamur apa nih kira-kira yang termasuk sebagai jamur liar namun istimewa, memiliki rasa Lezat dan kaya manfaat? Iya betul jamur liar yang lezat dan kaya manfaat ini dinamakan dengan jamur trucuk atau jamur supa barat atau jamur bulan (Gymnopus sp.)


Ceritanya pas aku nyapu pekarangan, gak sengaja dibawah gajebo alias angkruk atau gubuk gak sengaja aku nemu segerombolan jamur, yang kayaknya sih gak beracun, namun karena masih belum tahu jenis jamurnya, akhirnya aku coba cari-cari info dari mbah google. Sebelumnya ak tanya sama simbah yang kebetulan lagi duduk di gubuk, kata simbah sih jamur barat. "Ha? jamur barat emang ada?? Aku masih gak percaya, halah palingan juga asal nyeplos aja. Eh ternyata memang beneran ada, nama aslinya jamur supa barat/jamur angin barat atau jamur bulan (Gymnopus, sp). "Gila sih, pengetahuan orang tua zaman dulu emang bukan kaleng2. Hahaha

Lebih kaget lagi, ternyata jamur ini bukanlah jamur sembarangan. Mengutip dari indoflashlight jamur ini termasuk kategori jamur sangat langka (peringkat A dengan persentase 91,7%), merupakan endemik asli indonesia, hanya tumbuh setahun sekali diawal atau dimusim penghujan, belum bisa dibudidayakan, termasuk jamur terlezat dan kaya akan manfaat.1 Gimana aku gak ter wowwww wowwww. Aku nemu jamur ini dibawah gubuk reotku...Hehehe

Tapi jamur yang aku temukan lebih tepatnya disebut jamur trucuk bukan jamur supa barat/jamur bulan. Salah satu bedanya adalah pada ukurannya, kalau trucuk kecil sedangkan jamur barat/bulan bisa gede (sama seperti yang dikatakan simbah, kalau jamur barat itu bisa mekar gede, woww). Itu aku dapatkan dari beberapa sumber yang aku baca, bukan dari pendapatku sendiri ya karena aku bukanlah ahli jamur. Hehehe


Jamur Trucuk bawah Gubuk

Jamur Supa Barat atau Jamur Bulan
Sumber: indoflashlight

Untuk spesifikasi lengkap sobat bisa cari di internet ya. Banyak kok blog/web yang membahas tentang jamur ini. Karena tujuan aku disini bukan untuk membahas secara spesifik namun hanya sekedar sharing saja, siapa tahu di sekitar rumah atau pekarangan sobat ditumbuhi jamur ini. Karena waktunya pas sekali di indonesia lagi masuk musim penghujan.

Intinya jamur trucuk, jamur supa barat atau jamur bulan adalah jamur yang istimewa karena meskipun jamur liar namun memiliki rasa yang lezat (berdasarkan sumber-sumber yang tak baca). Mengutip dari khasiat.co.id manfaat jamur barat ini ternyata banyak sekali, diantara manfaat jamur barat adalah:2

1. Dapat Menambah Stamina Pria

2. Menguatkan Otor

3. Menghaluskan Kulit

4. Melancarkan Penceraan

5. Menghilangkan Lemak Perut

6. Sebagai Antioksidan, Dsb.

Jadi bagi para pecinta alam bebas, yang kebetulan berada dihutan dan nemu jamur ini, gak usah ragu untuk memanfaatkannya sebagai bahan makanan karena jelas jamur barat bukan jamur yang beracun bahkan terbilang sebagai jamur terlezat atau mungkin kalau jumlahnya banyak bisa untuk dijual. Jamur ini statusnya tidak dilindingi jadi gak masalah kalau diperjualbelikan.3


 DAFTAR PUSTAKA

[1][3]   https://www.indoflashlight.org/jamur-bulan-gymnopus-sp-menjadi-jamur-terlezat/

[2]        https://khasiat.co.id/sayur/jamur-barat.html


Friday, December 24, 2021

Tips Menyusun Skripsi Yang Baik dan Benar

cara menyusun skripsi yang baik dan benar
Tips Menyusun Skripsi Yang Baik dan Benar

Banyak mahasiswa yang menunda-nunda mengerjakan skripsi karena gak tahu bagaimana caranya dan apa langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat skripsi.

Artikel ini aku buat berdasarkan pengalamanku dalam membantu mahasiswa-mahasiswa menyusun skripsi. Semoga tips tentang bagaimana langkah-langkah menyusun skripsi yang baik dan benar ini dapat membantu sobat yang sedang kesulitan dalam memulai mengerjakan tugas akhirnya. Kenapa aku katakan bukan sekedar teori, karena langah-langkah ini yang biasa aku gunakan dalam membantu teman atau siapapun yang kesulitan dalam mengerjakan skripsinya.

Tuesday, December 21, 2021

Santri NU: Tambahan Bacaan Sholat NU dan Budaya Taqlid

 


Disclaimer: Saya santri NU yang masih belajar, hanya ingin curhat kalau ternyata kita biasa diajari Taqlid buta tanpa tahu darimana sumber rujukan dasar ibadah yang kita lakukan, khususnya Sholat.

Berawal dari kegiatanku sebagai seorang pengangguran professional. Hahaha. Maksutnya aku gak punya kerjaan, hanya sebagai joki tugas, skripsi, jurnal mahasiswa, dsb. Dimana setiap  membuat karya ilmiah kita wajib (La Budda = ora keno ora) mencantumkan sitasi dari kutipan yang kita ambil. Kalau bahasa santri ya istilahnya "sanat". Jadi sanat karya ilmiah kita itu harus jelas, kita gak hanya ngarang-ngarang taoi pendapat atau kutipan tersebut dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Karya ilmiah saja harus pakai sanat yang jelas, apalagi masalah agama harus lebih wajib lagi. Akhirnya waktu saya membaca-baca kembali tentang bacaan sholat di buku panduan sholat dan kitab fiqih. Memang sedikit berbeda karena di buku panduan sholat ada beberapa tambahan lafadz. Sebenarnya saya sudah lama tahu hanya saja belum begitu tertarik untuk mendalaminya, karena mikirnya ya pasti lah ada sumbernya. Nah karena kebiasaan menggunakan sitasi disitu saya mulai bertanya-tanya "Sebenarnya darimana asal tambahan bacaan itu, kok di kitab hadist dan fiqih gak ada"??

Ini aku cerita ya, mungkin sobat pembaca ada yang sama kayak saya. Awal Mula kita diajari cara Sholat dan bacaannya, baik disekolah SD maupun di TPQ entah kenapa buku yang dipakai sebagai sumber pembelajaran Sholat adalah buku "panduan sholat lengkap"?? atau setidaknya ajaran dari guru-guru kita sama dengan isi buku panduan sholat, bukan dari kitab-kitab Fiqih? Yang mana isi dari buku tersebut sedikit berbeda dengan yang ada di Hadits ataupun kitab Fiqih. Berbedanya karena ada beberapa bacaan yg ditambahi, seperti:

#Do'a Iftiftah: menggabungkan 2 Do'a Iftiftah Dan menambah lafafz "inni" sebelum "wajjahtu"

#Ruku dan sujud: ada Tambahan "wa bihamdihi" diakhir Bacaan rukuk Dan sujud

#Duduk diantara Sholat: ada Tambahan "wa'fu'anni" diakhir Bacaan

#Tasyahud awal Dan akhir: Tambahan Bacaan sayyidina

Karena dari awal kita diajari seperti itu, ya kita menganggap bahwa itu adalah satu-sastunya bacaan Sholat yang benar. Padahal ada banyak sekali macam bacaan sholat. Yang ingin aku bahas bukanlah masalah tambahannya. Karena kalau kita tanyakan sumber dari tambahan bacaan sholat diatas pada Kyai NU, beliau-beliau pasti bisa menjelaskan dasar-dasarnya. Tapi aku sebagai santri NU tidak pernah diajari tentang asal tambahan-tambahan lafadz tersebut. Sebab kalau kita membaca kitab-kitab Fiqih yang masyhur seperti Fathul Mu'in, maka kita tidak akan mendapatkan pembahasan tentang tambahan lafadz diatas. Jadi kita ini hanya dididik untuk Taqlid buta tanpa tahu sumber bacaan Sholat yang biasa kita baca.

Masalah utamanya adalah kalau kita bertemu dengan orang selain NU Dan menanyakan, "Kok Bacaan Sholatmu gak sama seperti dalam Hadits atau kitab Fiqih"? Kita pasti hanya plonga plongo gak tau harus jawab apa, bahkan kita sendiri gak sadar kalau bacaan Sholat kita selama ini memiliki banyak tambahan. Efeknya secara tidak langsung kita justru merendahkan NU sndiri. Dan menurutku wajar sih kalau kita biasa di bilang banyak bid'ah nya. Bukan mereka yang salah, tapi kita sebagai santri yang gak bisa menjelaskan pada meraka. Iya gimana kita jelaskan, lha Wong kita sendiri aja gak pernah dikasih tau rujukan atau dasar bacaan sholat kita.

Lebih report lagi kalau kita melamar kerja di Lembaga Islam yang selain NU. Terus kita di test Sholat, dan bacaan sholat kita seperti yang diajarkan dalam NU. Kemudian mereka tanya, "Lho kok bacaannya beda dari hadits dan kitab Fiqih??? Terus kita bingung karena gak tahu harus jawab apa. Mau ditaruh mana wajah NU coba, sebagai ormas terbesar di Indonesai ternyata santrinya bodoh gak tahu dalil. Kan pasti berbeda kalau kita diajari dan dibiasakan untuk tidak taqlid buta, sehingga kita jadi paham dan tentu bisa jawab kalau ada soal-soal semacam itu. Pasti NU jadi terlihat keren karena santrinya ternyata paham dalil-dalil dalam agama.

Ini yang saya maksud dengan Budaya Taqlid. Saya sebenarnya yakin sekali kalau kyai NU itu saking luas Ilmu agamanya meraka paham dengan hukum-hukum sehingga mampu menggabungkan atau menambahkan dalam Bacaan sholat berdasarkan hadits dan pendapat-pendapat Ulama. Tapi Santri yang gak diajari akhirnya Taqlid tanpa tahu apa-apa. 

Alhamdulillah-nya saat ini ada sosok NU yang sudah menjawab semua keluh kesahku yaitu Gus Baha. Beliau pernah menyampaikan bahwa dalam setiap ngajinya harus berdasarkan Alqur'an Dan Hadits ataupun pendapat-pendapat yang masyhur. Dengan begitu kita sebagai santri menjadi tahu bahwa ibadah kita gak asal-asalan Dan yang penting kita tahu darimana sumbernya.

Sekian Dan Terimakasih

Wednesday, December 15, 2021

Review Drakor JIRISAN (Gunung Jiri) Para Pecinta Gunung Wajib Nonton


More n more (lagi dan lagi) Tvn menghadirkan drama yang seru dan epic dengan tema cerita yang sebenarnya sudah umum dan biasa, namun dikemas dengan alur dan setting cerita yang menurutku pribadi cukup keren.

Jirisan, jika ditranslate artinya gunung Jiri. Darkor ini berkisah tentang keseharian para Jagawana [Pengurus taman national gunung Jiri] dalam melindungi dan merawat gunung Jiri. Salah satunya adalah mencegah orang-orang yang berniat untuk merusak Dan mengambil flora atau fauna yang menjadi habitat asli dari gunung tsb. Tak hanya itu mereka juga bertugas mengevakuasi [Rescue] para pendaki maupun warga sekitar yang mengalami kecelakan diatas gunung. Intinya Jagawana berperan penuh terhadap semua hal yang terjadi di Gunung. Meskipun pada akhirnya penonton gak bakalan nyangka klo ternyata fokus cerita film ini adalah tentang mengungkap misteri pembunuhan berantai yg trjdi digunung Jiri oleh para Jagawana. Hahaha

Hal yang paling menarik menurutku ttg drakor ini adalah, adanya faktor "MISTIS" yg dimasukkan dlm film. Ada salah satu Jagawana yg ternyata dia mempunyai kemampuan semacam six scene atau Indera keenam. Ternyata eh ternyata Gunung di Korea pun tak lepas dari hal mistis. Singkat cerita si .... seperti diberi Tanda oleh gunung Jiri jika akan ada kecelakan atau org yg meninggal diatas gunung. Bahkan dia bisa ajian "Rogosukmo [sukma berpisah Dr raga]" yaitu ketika tubuhnya terbaring si Rumah Sakit sedangkan jiwanya berkelana di Gunung Jiri

Ini menarik sekali, krn gak nyangka bget Korea sbg negara maju bisa kepikiran utk membuat cerita klinik yg memang bagi org Jawa sebenarnya dianggap biasa, tp kn kita biacara org Korea. Itu pointnya...

Kenapa sobat Pecinta Gunung harus nonton film ini?? Sebab banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari drakor ini. 

Pertama, Jangan menyepelekan naik gunung dengan mendaki tanpa alat yg memadai seberapapun tinggi gunung tsb. Karena kecelakan dpt terjadi bahkan kepada pendaki yg sudah professional sekalipun.

Kedua, jangan mengambil Dan membawa pulang apapun dari gunung, walaupun hy setangkai bunga. Bayangkan klo setiap orang bawa pulang satu bunga, berapa banyak yg dibawa jika saben hari ada ratusan pendaki yang datang. Sebagai Pecinta alam seharusnya kita merawat dan menjaga, bukan malah merusak

Ketiga, pelajaran tentang bagaimana cara kita melakukan pertolongan pertama atau evakuasi jika terjadi hal2 yang tidak dinginkan saat pendakian. Alat apa saja yg bisa digunakan dan bagaimana cara mengevakuasi korban. Tidak selamanya pendakian dapat berjalan normal, bisa saja ada kecelakan yg tdk kita inginkan. Drakor JIRISAN memberikan sedikit gambaran ttg itu semua.

Keempat, Tanda atau kode sebagai petunjuk arah atau jalan. Dalam drakor ini ada seorang Jagawana yang bernama ..... krn dia merasa bahwa banyak org yg tersesat diatas gunung tiba2 punya ide untuk membuat petunjuk jalan/tempat menggunakan bebatuan Dan ranting pohon. Sebagai Pecinta alam Pengetahuan dasar ini sangat penting, namun tak banyak yang menyadarinya. Biasanya hy pendaki berpengalaman yg meninggalkan Tanda atau jejak saat mendaki, dengan begitu mrk akan tau klo mereka pernah melewati jalan itu.

Kelima, ini yg paling sering dilakukan para pendaki yakni membuang sampah sembarang. Meskipun dalam film bisa aja sampah dibersihkan terlebih dulu sblm dilakukan syuting. Namun ttp saja karakter org indo dn negara maju jelas berbeda. Mw diapa2kan klo emg kebiasaan buang sampah sembarang org Indonesia itu susah diilangin. Sangat sedih dan miris sebenarnya klo pas mendaki lihat sampah berserakan dijalur pendakian. Kita hrs nya bisa mencontoh kebiasan masyarakat negara maju spt Korea dalam mengelola sampah termasuk sampah yg ada di gunung.

Sekian dulu sob, review singkat dari Mimi ttg hal menarik Dan pelajaran yang bisa diambil dari drakor JIRISAN. Klo ada yg mau nambahin atau Komen berkaitan dengan apa yang mimij tulis diatas. Monggo saja tidak udah sungkan bisa Komen dibawah atau klik logo WA dipojok kanan bawah. Insya Allah fast respon. Maturnuhun.

Tuesday, December 14, 2021

Kesantunan Bahasa dan Cara Penulisan Karya Ilmiah


Halo sobat jolalingopi kebetulan mimin pernah iseng-iseng bikin materi tentang cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Ya sebenarnya hanya untuk koleksi pribadi sih bukan karena tugas kuliah atau yang lain. Biasanya, untuk sistematika dan cara penulisan karya ilmiah sudah ditentukan oleh pihak yang terkait. Namun secara umum kurang lebih sama. Jadi, materi ini aku bagikan sajalah daripada nanti malah file nya hilang. Hehehe. Terimakasih sudah mampir. 

Contoh Soal Tahsin Kelas V SDIT MI dan Kunci Jawaban

Hallo sobat jolalingopi.com, kebetulan mimin pernah buat soal Tahsin untuk anak-anak kelas V SDIT nih. Daripada hanya tak simpan sendiri dan tak bermanfaat, mimin posting sajalah siapa tahu ada dari teman-teman yang seroang ustadz/ustadzah sedang mencari contoh soal Tahsin untuk anak-anaknya, semoga soal-soal yang mimin posting ini bisa bermanfaat. Terimakasih

Monday, July 26, 2021

Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen

 Disuusn Oleh:
Noor Cahyo


A. ANALISA

1.      ANALISA USER (PENGGUNA)

Ø  MAHASISWA DAN UMUM

            SIP ini merupakan informasi yang bermanfaat bagi mahasiswa/umum yang mau meminjam buku dari perpustakaan. Terutama saat mencari letak buku yang mau di pinjam buku di perpustakaan. Terutama saat mencari letak buku yangmau di pinjam. Hanya dengan mengetikan judul buku yang akan di pinjam di aplikasi SIP ini peminjam akan menetahui letak dimana buku tersebut berada.

Ø  PUSTAKAWAN

            Bagi pustakawan aplikasi SIP ini bermanfaat untuk mengetahui berapa biaya pinjam buku yang akan di pinjam selain itu pustakawan juga bisa menjatat tanggal pinjam dan kembali buku yang di pinjam oleh anggota jadi dengan menggunakan aplikasi ini, pekerjaan pustakawan jadi lebih mudah dan efesien, karena tidak membutuhkan buku untuk mencatat semua transaksi yang ada di perpustakaan.

 

2.      ANALISA SUMBER DAYA

a.       Software:

Sofware disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Software yang digunakan untuk membuat aplikasi sistem informasi perpustakaan ini adalah Enterprise Architec 7.5 dengan apllikasi tersebut kita  bisa membuat use case diagram, activity diagram squanc diagram, dan user interface. Untuk pengoprasian aplikasi ini tidaklah sulit sebab aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur untuk membuat berbagai macam diagram kita hanya perlu memilih diagram yang akan kita buat didalam diagram tersebut sudah ada kultur yang memudahkan kita untuk membuat sebuah diagram. Berikut adalah tampilan dari software Enterprise Architec 7.5



Gambar 1: tampilan aplikasi Enterprise Architec 7.5

Gambar 1:  tampilan apikasi EA 75 untuk membuat diagram activity

b.      Hardware

            Hardware disebut juga perangkat keras yaitu komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Hardware yang kita gunakan untuk mengoperasikan software EA 7.5 ini adalah seperangkat komputer yang terdiri dari: monitor, CPU, keyboard, mouse, dan printer. Berikut adalah contoh gambar dari Hard ware: 

Gambar 3: CPU

 Gambar 4: Monitor

 Gambar 5: Keyboard dan Mouse

 

Gambar 6:  Printer

Setiap aplikasi pasti membutuhkan spesifikasi minimum dari sebuah hardware agar bisa menjalankan sebuah aplikasi. Berikut adalah spesifikasi minumum hardware untuk menjalankan software EA 7.5:

            Windows Version:

-           Intel® Pentium® processor (or better)

-           Microsoft® Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows 2008 Server, Windows 2003 Server or Windows XP Service Pack 2. (32 bit and 64 bit operating systems supported*)

-           128 MB of RAM (256 MB or higher recommended)

-           300 MB of available hard-disk space

-           1280*720 or higher resolution display

Linux Version:

-           Intel® Pentium II® processor (or equivalent)

-           CodeWeavers' Crossover 10.0.3 (or later), Microsoft Data Access Components (MDAC) 2.8, DCOM95, Internet Explorer 6

-           Linux Operating System (kernel 2.4 or later)

-           64 MB of RAM (128 MB or higher recommended)

-           300 MB of available hard-disk space

-           1280*720 or higher resolution display

Mac Version:

-           Intel® based processor

-           CodeWeavers' Crossover 10.0.3 (or later), Microsoft Data Access Components (MDAC) 2.8, DCOM95, Internet Explorer 6

-           Mac OS 10.5.x

-           64 MB of RAM (128 MB or higher recommended)

-           300 MB of available hard-disk space

-           1280*720 or higher resolution display

Database Support for Corporate Edition and above:

-           SQL Server 2000, 2005, 2008, 2012 and 2014

-           MySQL

-           Oracle 9i, 10g, 11g and 12c

-           PostgreSQL

-           MSDE

-           Sybase Adaptive Server Anywhere

-           MS Access

-           Progress OpenEdge

 

 

 

 

c.       Brain ware:

Pengertian brainwar ialah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.

Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer. Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Keberhasilan dari aplikasi SIP ditentukan oleh kemampuan programer dalam mengoperasikan Software EA 7.5 jadi diharapkan programer yang membuat aplikasi SIP tersebut benar-benar faham dalam mengoperasikan  software EA 7.5.

 

Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia dan Jawaban

 Note: Alangkah bijak jika ingin meng-copy paste, biasakan sertakan sumbernya ya sob!!! Dengan menyertakan link-nya, oke!

TUGAS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
MACAM-MACAM RAGAM BAHASA
dan CONTOHNYA

Disusun Oleh: Noor Cahyo*

*Admin: magisterpengelana.blogspot.com


TUGAS KULIAH   : BAHASA INDONESIA 
NAMA                      : NOOR CAHYO 
NPM                         : 1402010237 
JURUSAN               : MANAJEMEN 

Berdasarkan Hubungan Antar Penggunaan 
1. Ragam Bahasa Resmi 
Contoh: 
  • Diberitahukan kepada semua siswa SMA bahwa setiap hari senin wajib mengikuti upacara bendera. 
  • Dimohon kepada para anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk lebih bijak dalam menggunakan hak angket. 

Proposal Kewirausahaan (Bisnis Plan) Ternak Ayam Daging/Broiler

Note: Alangkah bijak jika ingin meng-copy paste, biasakan sertakan sumbernya ya sob!!! Dengan menyertakan link-nya, oke!

TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Proposal Kewirausahaan (Bisnis Plan) "Ternak Ayam Daging/Broiler

Disusun Oleh: Noor Cahyo*

*Admin: magisterpengelana.blogspot.com



A. LATAR BELAKANG 
        Daging ayam merupakan daging favorit di negara kita, karena hampir semua orang Indonesia suka makan daging ayam. Sehingga berbisnis ternak ayam potong merupakan peluang yang sangat bagus untuk dikembangkan. Beberapa waktu yang lalu, bisnis ayam potong sempat mengalami kemunduran ketika flu burung melanda dunia. Banyak pengusaha ayam potong yang gulung tikar karena daging ayam menjadi “tersangka” utama sehingga menyebabkan orang takut mengkonsumsi daging ayam lagi. Sekarang isu flu burung sudah perlahan menghilang, dan mulai menguat kembali.                        
        Sebagian besar masyarakat menyukai daging ayam, konsumennya pun mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain itu banyak usaha makanan dan restoran yang menggunakan daging ayam sebagai bahan baku usaha mereka. Jadi selain konsumen perorangan, usaha ini juga memiliki peluang kerjasama dengan usaha yang menggunaakan bahan baku daging ayam. Selain itu banyak juga masyarakat yang tertarik dengan bisnis peternakan ayam broiler ini, penjualan bibit ayam pun juga dapat dijadikan sebagai tambahan pendapatan usaha tersebut. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, penulis mencoba mendirikan sebuah usaha beternak ayam potong (pedaging) yang diberi nama “SINAR ABADI”. 

B. PRODUK 
1. Deskripsi Produk 
a. Bibit ayam yang digunakan adalah ayam jenis Super 77. 
b. Masa Panen tiap 2 bulan. 
c. Jumlah bibit awal 200 ekor. 

2. Keunggulan Produk 
a. Sistem kekebalan tubuh yang kuat. 
b. Bobot daging lebih berisi. 
c. Pertumbuhan yang normal dll. 

C. PRODUKSI 
1. Lokasi 
     Untuk lokasi kita memilih di daerah pedesaan, karena di pedasaan selain jauh dari keramaian juga dekat dengan pasar. Sedangkan untuk kebutuhan ayam juga sudah tersedia seperti pakan, obat-obatan, serta sarana prasarna yang lainnya. Berikut adalah syarat-syarat lokasi atau tempat kandang ayam yang standar: 
a. Jauh dari keramaian 
b. Mudah terjangkau dari pusat pemasaran. 
c. Permanen / menetap (tidak berpindah-pindah). 
        Namun karena usaha ternak ayam kita masih kecil, artinya ayam yang kita ternak masih dibawah 500 ekor yaitu sekitar 200 ekor. Maka kami memilih utnuk membuat kandang disamping rumah. Sehungga akan lebih mudah dalam pemeliharaan dan perawatan. Meskipun menimbulkan bau namun bau tersebut tidak akan sampai mengganggu warga sekitar. Karena jumlah ayamnya tergolong sedikit sehingga bau yang ditimbulkannya pun tidak terlalu menyengat. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download disini, tapi sekali lagi cantumkan sumbernya ya!!! Terimakasih

Saturday, July 24, 2021

Makalah Manajemen Koperasi, Penyebab Koperasi Di Indonesia Belum Optimal Dalam Kontribusi Perekonomian Nasional

Note: Alangkah bijak jika ingin meng-copy paste, biasakan sertakan sumbernya ya sob!!! Dengan menyertakan link-nya, oke!

TUGAS MAKALAH

MANAJEMEN KOPERASI

Penyebab Koperasi Di Indonesia Belum Optimal Dalam Kontribusi Perekonomian Nasional

Disusun Oleh: Noor Cahyo*

*Admin: magisterpengelana.blogspot.com


BAB I 
PENDAHULUAN 
 
A. Latar Belakang 
        Melihat pada kondisi nyata ekonomi kerakyatan yang berkembang di Indonesia, memang kurang mendapat pengaruh yang nyata dalam sistem ekonomi di Indonesia. Peran ekonomi kerakyatan ini seakan-akan digantikan dengan peran sistem ekonomi dunia seperti liberalisme yang berbeda dengan watak dan budaya bangsa Indonesia. Menurut (Giersch,Herbert;1968), liberalisme adalah sebuah sistem perekonomian yang dibangun di atas tiga prinsip sebagai berikut: (1) tujuan utama ekonomi neoliberal adalah pengembangan kebebasan individu untuk bersaing secara bebas-sempurna di pasar; (2) kepemilikan pribadi terhadap faktor-faktor produksi diakui; dan (3) pembentukan harga pasar bukanlah sesuatu yang alami, melainkan hasil dari penertiban pasar yang dilakukan oleh negara melalui penerbitan undang-undang. 
        Ekonomi kerakyatan, yang tercantum dalam Pasal 33 UUD 1945. Tiga prinsip dasar ekonomi kerakyatan adalah sebagai berikut: (1) perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan; (2) cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara; dan (3) bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 
        Menurut (Mubyarto;1988), sistem yang harusnya dikembangkan pada perekonomian Indonesia sesungguhnya adalah sistem ekonomi kerakyatan pada 3 sektor yaitu BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMS (Badan Usaha Milik Swasta), dan Koperasi. Dari ketiganya, Koperasi dijadikan sebagi dasar pengaturan kegiatan perekonomian nasional. Koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia adalah implikasi dari perkembangan sistem perekonomian kerakyatan di Indonesia. Pentingnya perekonomian yang berpihak kepada rakyat menjadi dasar bagi lahirnya Pasal 27 dan 33 Undang Undang Dasar 1945. Kedua pasal tersebut kemudian menjadi dasar pertimbangan dilahirkannya undang-undang Perkoperasian (UU Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992). Dengan demikian, tampak jelas adanya keterkaitan yang erat antara ekonomi kerakyatan dengan Koperasi. 
        Prinsip yang ditanamkan dalam sistem perkoperasian adalah pengaruh secara nyata dalam kegiatan perekonomian secara Indonesia sesungguhnya dapat dirasakan. Menurut (Suryohadiprojo,S;2011), berkaca pada keadaan ekonomi saat ini yang sepertinya baik sebagaimana diindikasikan oleh tingkat pertumbuhan ekonomi tahun 2010 sebesar 6,10%, tetapi dibarengi oleh kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin yang semakin melebar. Maka bahasan tentang ekonomi kerakyatan dan kaitannya keberadaan Koperasi dalam tatanan ekonomi nasional menjadi relevan. 

B. Rumusan Masalah 
1. Mengapa koperasi di Indonesia sulit berkembang? 
2. Apa permaslahan umum koperasi dan solusinya? 
3. Bagaimana supaya koperasi bisa maju dan berkembang? 

C. Tujuan Penulisan 
1. Untuk mengetahui mengapa koperasi di Indonesia sulit berkembang 
2. Untuk megetahuib apa permaslahan umum koperasi dan solusinya 
3. Untuk mengetahui bagaimana supaya koperasi bisa maju dan berkembang

Untuk lebih lengkapnya silahkan download disini, tapi sekali lagi cantumkan sumbernya ya!!! Terimakasih

Makalah Agama, Iman dan Taqwa

Note: Alangkah bijak jika ingin meng-copy paste, biasakan sertakan sumbernya ya sob!!! Dengan menyertakan link-nya, oke!

TUGAS MAKALAH

MATA KULIAH AGAMA

IMAN DAN TAQWA

Disusun Oleh: Noor Cahyo*

*Admin: magisterpengelana.blogspot.com



BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah 
        Dalam kehidupannya, manusia tidak akan pernah bisa lepas untuk mencari nilai-nilai kebenaran yang sebenarnya karena kesehariannya manusia dihadapkan berbagai macam persoalan yang membutuhkan penyelesaian. Dengan perkembangan iptek yang pesat ini persoalan hidup menjadi lebih kompleks dan manusia pun semakin sulit mengatasi persoalan hidupnya. Di saat kita manusia tidak bisa menyelesaikan atau mengatasi persoalan hidup. Kita pasti lebih memilih lari dari masalah tersebut dan melakukan hal-hal yang menyimpang seperti minuman-minuman keras, narkoba, dll. Dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang melakukan bunuh diri gara-gara tidak bisa mengatasi persoalan kehidupan. 
    Di sinilah iman dan taqwa itu mengambil perannya sebagai jalan keluar atau solusi untuk menyelesaikan masalah kehidupan itu tersebut. Ketika seseorang telah bisa memahami dan menerapkan konsep dari iman dan taqwa tersebut kedalam kehidupannya maka ia dapat mengatasi permasalahan hidupnya. Jadi iman dan taqwa itu sangat penting bagi manusia khususnya bagi kita pemeluk agama islam, agar mendekatkan kita kepada Allah SWT. Dan menjadi hamba yang beriman dan bertaqwa. Dengan begitu konsep iman dan taqwa itu perlu untuk dikaji.

B. Rumusan Masalah 
1. Apa pengertian iman dan taqwa? 
2. Apa bukti wujud atau keberadaan allah? 
3. Bagaimana proses terbentuknya iman? 
4. Apa ciri-ciri orang beriman? 
5. Apa manfaat dan pengaruh iman dalam kehidupan? 
6. Apa hubungan antara iman dan taqwa? 

C. Tujuan Penulisan 
1. untuk mengetahui pengertian iman dan taqwa; 
2. untuk mengetahui bukti wujud atau keberadaan allah; 
3. untuk mengetahui proses terbentuknya iman; 
4. untuk mengetahui ciri-ciri orang beriman; 
5. untuk mengetahui manfaat dan pengaruh iman dalam kehidupan; 
6. untuk mengetahui hubungan antara iman dan taqwa. 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download disini, tapi sekali lagi cantumkan sumbernya ya!!! Terimakasih

Friday, July 23, 2021

Makalah Manajer Dan Manajemen

Note: Alangkah bijak jika ingin meng-copy paste, biasakan sertakan sumbernya ya sob!!! Dengan menyertakan link-nya, oke!

TUGAS MAKALAH MATA KULIAH MANAJEMEN

MANAJEMEN DAN MANAJER

Disusun Oleh: Noor Cahyo*

*Admin: magisterpengelana.blogspot.com


 BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

    Sebelum abad ke-20, terjadi dua peristiwa penting dalam ilmu manajemen. Peristiwa pertama terjadi pada tahun 1776, ketika Adam Smith menerbitkan sebuah doktrin ekonomi klasik, The Wealth of Nation. Dalam bukunya itu, ia mengemukakan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja (division of labor), yaitu perincian pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang spesifik dan berulang. Dengan menggunakan industri pabrik peniti sebagai contoh, Smith mengatakan bahwa dengan sepuluh orang—masing-masing melakukan pekerjaan khusus—perusahaan peniti dapat menghasilkan kurang lebih 48.000 peniti dalam sehari. Akan tetapi, jika setiap orang bekerja sendiri menyelesaikan tiap-tiap bagian pekerjaan, sudah sangat hebat bila mereka mampu menghasilkan sepuluh peniti sehari. Smith menyimpulkan bahwa pembagian kerja dapat meningkatkan produktivitas dengan (1) meningkatnya keterampilan dan kecekatan tiap-tiap pekerja, (2) menghemat waktu yang terbuang dalam pergantian tugas, dan (3) menciptakan mesin dan penemuan lain yang dapat menghemat tenaga kerja.

Makalah Pkn Pancasila Sebagai Jiwa Dan Kepribadian Bangsa Indonesia

Note: Alangkah bijak jika ingin meng-copy paste, biasakan sertakan sumbernya ya sob!!! Dengan menyertakan link-nya, oke!


TUGAS MAKALAH PKN
PANCASILA SEBAGAI KEPRIBADIAN BANGSA INDONESIA

Disusun Oleh: Noor Cahyo*

*Admin magisterpengelana.blogspot.com

  

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

            Sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik, di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Intermezzo

Travel

Teknologi